Bata Merah Salah Satu Potensi Utama Gampong Reuleut Barat

Aceh Utara -  dikenal sebagai daerah dengan penghasil batu bata merah yang berlimpah. Salah satu produsen batu bata merah di Aceh Utara sendiri berada di Gampong Reuleut Barat, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara.

Bata Merah Salah Satu Potensi Utama Gampong Reuleut Barat
Bata Merah Salah Satu Potensi Utama Gampong

Di Gampong Reuleut Barat sendiri, dusun yang memproduksi batu bata merah terdapat di Dusun Paloh Panyang, Bugak, Sawang dan Cot Teungoh . Warga biasanya terlebih dahulu memanfaatkan tanah yang masih tinggi untuk bahan baku dan lahan pembuatan batu bata merah.

Kemudian, setelah tanahnya datar, tanah tersebut digunakan sebagai lahan pertanian. Setelah itu, pemilik dan buruh batu bata merah pindah untuk mencari lahan yang tanahnya masih tinggi. Dan begitulah untuk selanjutnya, memanfaatkan tanah yang tinggi untuk bahan baku dan lahan pembuatan batu bata, baru setelahnya digunakan untuk lahan pertanian.

Untuk batu bata press, setiap satu pekerja ditarget menghasilkan 1000 batu bata.  Meski demikan, batu bata merah Indramayu ini terkenal dan sudah tidak diragukan lagi kualitasnya sampai beberapa kota seperti Lhokseumawe, Langsa, dan Banda Aceh pun menggunakan bata merah dari Gampong Reuleut Barat.

0 Response to "Bata Merah Salah Satu Potensi Utama Gampong Reuleut Barat"

Posting Komentar